Pendidikan Guru Profesional

The American University Of Sciences proudly certify that MUHAMMAD THORIQ AZIZ KUSUMA has successfully completed the University program and passed the final examination in the field of Professional Teacher.

Layaknya orang tua, guru sebagai tenaga pendidik berwenang mengarahkan perilaku peserta didik untuk mengikuti kaidah-kaidah berperilaku sebagaimana yang diinginkan. Selain itu guru berkewajiban membangkitkan spirit intelektual peserta didik dan membina pertumbuhan akademik mereka, serta mendidik mereka untuk bersikap/berperilaku yang luhur.
Pada kenyataannya tidak jarang didapati para guru di sekolah-sekolah yang tidak memiliki background kependidikan. Sementara itu, jenis pekerjaan ini paling mudah terkontaminasi. Pekerjaan yang semestinya tidak dilakukan oleh sembarang orang di luar bidang kependidikan. Oleh sebab itu, maka setiap guru harus memiliki disiplin keahlian dan keterampilan dalam bidang pendidikan yang betul-betul equal secara kualitas dan mutunya.
Fakultas Studi Islam dan Bahasa Arab Universitas Al-Azhar Kairo adalah satu-satunya fakultas di kampus Al-Azhar yang mencerminkan program perkuliahan dan pembelajaran Al-Azhar masa lampau, program perkuliaan yang ensiklopedis. Dimana tidak terdapat pemisahan disiplin ilmu-ilmu keislaman, baik itu lughah, ushuluddin maupun syari’ah. Di fakultas ini semua disiplin ilmu diajarkan, baik ilmu bahasa (lughah), ilmu syari’at dan ushuluddin. Fakultas ini diharapkan oleh Al-Azhar menjadi menara keilmuan yang signifikan untuk pengembangan ilmu-ilmu keislaman dan bahasa Arab di dunia islam.
Di Fakultas ini saya mendapat materi ilmu psikologi, ilmu pendidikan, dan metode serta tata cara mengajar yang benar. Selama dua tahun di fakultas ini saya mempelajari mata kuliah pendidikan secara acceptable. Dan di tingkat akhir saya berkesempatan mendapat darma siswa untuk mengikuti kelas pendidikan guru profesional di Kairo selama kurang lebih tiga bulan, yang diadakan oleh Universitas Ilmu Pengetahuan Amerika Serikat, Negara Bagian Oregon tahun 2017 lalu.
Al-Hamdulillah selama diklat bakal guru professional saya secara berkecukupan mampu menyerap ilmu dan kepandaian dalam bidang belajar-mengajar. Dan hasilnya patut menggembirakan, saya mendapat nilai sangat baik. 



Saya dan teman-teman perkuliahan lintas bangsa, peserta perkuliahan Pendidikan Guru Profesional, kerjasama antara The American University Of Sciences USA, State Of Oregon  dan Universitas Al-Azhar Kairo Tahun 2017.

0 Comments