Sikap Saling Bahu-Membahu, Bantu-Membantu Dan Tolong-Menolong

Sikap saling bahu-membahu, bantu-membantu dan tolong-menolong adalah performa dari sebuah ikatan persaudaraan dan silaturahim yang nyata.

http://selaluvokalberdakwah.blogspot.com.eg/, Sikap saling bahu-membahu, bantu-membantu dan tolong-menolong adalah performa dari sebuah ikatan persaudaraan dan silaturahim yang nyata. Dan sikap saling tolong-menolong dalam sorotan Islam harus berada dalam ruang atau konteks kebaikan dan ketakwaan, bukan dalam ruang atau konteks perbuatan dosa dan permusuhan.

Hal tersebut sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Al-Quran : “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan ketakwaan, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran (permusuhan).”

Sinyalemen dari Tuhan Yang Maha Esa kepada umat manusia untuk membangun peradaban dan peribadatan dengan prinsip saling tolong-menolong. Dengan prinsip tolong-menolong dan kerjasama yang baik akan merubah pekerjaan yang tadinya berat menjadi ringan, yang tadinya sulit akan menjadi mudah.

Syair Arab mengatakan :

بفضـــــل التعـــــــاون أرســـــــت أمــــــــم # صـــــروحا مــــــــن المجـــــد فــــــوق القمــــــم

Dengan prinsip saling tolong menolong, bangsa-bangsa besar bisa sukses dan berhasil. Jelas sekali mereka memiliki karisma yang lebih dari bangsa-bangsa yang lain.

🙏🏻📚📖🗒🖊💐☕🌹

# Ya Allah jagalah persatuan dan kesatuan mereka untuk selalu berada dalam jalan dakwah menujuMu, berikahlah selalu kesehatan, keberkahan dan rizekiMu atas mereka, tanamkanlah pada diri mereka kecintaan akan persaudaran dan perdamaian.
# Remas & Jama'ah Masjid Al-Huda Pandean.

🙏🏻😘💐☕

Written by Muh. Thoriq Aziz Kusuma, S.Pd.
Alumnus Student of Preparation Precedes Di Departemen Bahasa Al-Azhar Kairo.



0 Comments