Luar Biasa, Masjid Al-Huda Kerten Rutin Gelar Subuh Berkah

Minggu, 18 Agustus 2019 | 04:30

Foto bersama jamaah Masjid Al-Huda Kerten, Minggu (18/8/2019) pagi.

Jatijuruwarta, SURAKARTA — Menuntut ilmu akan mengantarkan seseorang kepada marifat atau mengenal Tuhannya. Dan di masa awal Islam berkembang, ramai orang-orang duduk dan belajar Islam di masjid. Seperti Ali ibn Abi Thalib dan Abdullah ibn ‘Abbaas.

Umat Islam sejak awal, menjadikan masjid sebagai rumah Allah, Swt., untuk melaksanakan peribadatan dan usaha mendekatkan diri kepadaNya, selain itu juga  sebagai sebuah institusi madrasah tempat belajar dan mendalami ilmu.

Umat Islam belajar di masjid tentang hukum dan kaidah Islam, serta segala macam ilmu yang membawa manfaat.

Masjid Qubaa’ adalah masjid  pertama yang dibangun dalam Islam. Di sana banyak sekali halaqah atau pertemuan-pertemuan keagamaan yang membahas dan mengkaji ilmu pengetahuan. Tatkala Rasulullah, Saw., berada di Madinah, beliau membangun masjid An-Nabawi agar para kelompok Muhajirin dan Anshar bersemangat dalam beramal dan beribadah. Dan dari kebiasaan Nabi, Saw., duduk di masjid untuk mengajarkan sahabat-sahabatnya perkara-perkara keagamaan dan dunia, serta perluasan wilayah Islam menjadikan masjid-masjid ikut tumbuh tersebar diberbagai wilayah Islam.

Pada intinya masjid merupakan tempat paling strategis dalam keberhasilan dakwah Islam ke seluruh belajhan dunia, masjid juga merupakan science center atau pusat ilmu pengetahuan.

Takmir masjid Al-Huda Kerten, Kota Surakarta, kontinu menggelar kegiatan Subuh Berkah setiap pekan di hari Minggu pagi. Kegiatan ini ditunjukkan untuk menyirat tali ukhuwah dan berbagi ilmu dan manfaat kepada sesama.

Selain salat subuh berjamaah, kegiatan Subuh Berkah ini juga menghadirkan kuliah keagamaan dan sarapan pagi. Kuliah keagamaan sebagai indikasi bahwa masjid adalah pusat pengkajian ilmu pengetahuan. Selain itu, sarapan pagi di masjid Al-Huda Kerten menunjukkan bahwa masjid tak sekedar menjadi tempat peribadatan dan peraduan, namun juga sebagai tempat untuk berbagi dan menjalin tali hati kepada sesama.

Untuk Minggu (18/8/2019) kemarin, di masjid Al-Huda Kerten menghadirkan kegiatan Subuh Berkah kembali. Kegiatan ini berjalan lancar dan penuh hikmah.

Para jamaah tampak khusyuk menjalankan salat subuh berjamaah dan fokus mengambil pelajaran dari paparan pemateri kuliah keagamaan. Usai mendengarkan kuliah keagamaan, para jamaah masjid Al-Huda Kerten dipersilahkan untuk menikmati sarapanpagi yang sudah disediakan oleh Takmir. Para jamaah terlihat saling berbincang-bincang asyik, ada yang berbicara perihal kondisi pribadi, masjid, makanan, hingga masalah keumatan.

1 Comments

  1. ayo bergabung dengan saya di (D(E(W-A)P)K)
    menangkan uang jutaan rupiah dengan menguji keberuntungan kalian
    hanya dengan minimal deposit 10.000
    untuk info lebih jelas segera di add saja Whatshapp : +8558778142
    ditunggu lohhh add nya... terima kasih waktu nya ^-^

    ReplyDelete