Mabādi' Asyrah Ilmu Tajwid


Mabādi' Asyrah Ilmu Tajwid
Oleh Thoriq Aziz
Google pic.

Sejatinya setiap ilmu punya obyek kajian serta tokohnya masing-masing, yang hendak kita bahas kali ini adalah obyek kajian yang paling istimewa dan agung, karena obyek bidang kajiannya adalah Al-Quran, serta barisan-barisan yang bergelut di dalamnya adalah para tentara Allah, Swt., dari golongan yang muttaqūn, yang Allah, Swt., pilih mereka untuk menjaga kalamNya, Allah Ta’ālā  gerakkan mereka untuk berkhidmat kepada kitabNya, mereka melaksanakan perintah-perintah Allah, Swt., dan menjahui segala larangan-laranganNya.

إنّ مبادئ كل فنِّ عشرة                             الحدّ والموضوع ثم الثمرة
وفضله ونسبة والواضع                     والاسم الاستمداد حكم الشارع
مسائل والبعض بالبعض اكتفى             ومن درى الجميع حاز الشرفا

Pengetahuan dasar tentang suatu disiplin ilmu, meliputi sepuluh hal: (1) Definisi, (2)Pokok/obyek pembahasan, (3)Manfaatnya (4)Keutamaan, (5)Keterkaitannya, (6)Pencetusnya/Peletak (7)Nama, (8)Sumber, (9)Hukum mempelajarinya dan (10) Bab-bab yang dipelajari di dalamnya. Sebagian orang ada yang hanya menyebutkan sebagian saja, tetapi siapa yang mengetahui semuanya, maka kemuliaanlah baginya.

Definisi

حدُّه أو تعريفُه: التجويد لغةً مَصْدَرٌ جَوَّدَ؛ أي: حسَّن؛ فالتجويد إذًا معناه: التَّحسين. والتجويد اصطلاحًاهو إخراجُ كُلِّ حَرْفٍ مِنْ مخرَجِهِ، مع إعطائِه حقَّه ومستحقَّه؛ فَحَقُّ الحَرْفِ هو مخرَجُه وصِفَاتُه التي لا تُفَارقُه؛ كَالْهَمْسِ والجَهْرِ. ومستحقُّه هو الصفاتُ التي يُوْصَفُ الحرفُ بها أحيانًا، وتفارِقُه أحيانًا؛ كالتفخيمِ والترقيق بالنسبة لِلرَّاءِ.

-       Menurut bahasa.
Tajwid menurut bahasa merupakan mashdar (جَوَّدَ) yang artinya menjadikan bagus, membuat lebih baik, memperindah. Maka tajwid bermakna (تَحْسِيْنُ)/membaguskan.

-       Menurut istilah.
Adalah mengeluarkan setiap huruf dari makhrojnya, serta memberikan huruf-huruf tersebut hak dan mustahaknya.Hak huruf adalah makhroj dan sifat huruf yang tidak akan terpisah darinya, seperti hams dan jahr. Mustahak huruf adalah sifat-sifat yang terkadang diterapkan dan kadang dihilangkan seperti tafkhīm dan tarqīq pada rā’.

      Obyek

موضوعُه: الْمَوْضُوْع الذي يَبْحَثُ فيه علمُ التَّجويدِ هو الكَلِمَاتُ القُرْآنِيَّةُ، مِنْ حَيْثُ إعطاءُ الحُروْفِ حقَّها ومستحقَّها، دُوْنَ تكلُّفٍ فِي النُّطْقِ أَوْ تَعَسُّفٍ.

Sasaran ilmu tajwid adalah kata-kata dalam al-Quran, dari segi pengucapan huruf-hurufnya dengan tepat dan benar.

Manfaat
ثمرتُه: الثَّمْرَةُ الْمُرَجَوَّةُ مِنْ علم التَّجويد هي: صَوْنُ اللِّسَانِ عَنِ اللَّحْنِ عِنْدَ قِرَاءَةِ كِتَابِ اللهِ تعالى.

Tujuan yang diharapkan mempelajari ilmu tajwid adalah menjaga lisan dari kesalahan-kesalahan ketika membaca Al-Quran.

      Keutamaan
فضلُه: يُعَدُّ علمُ التَّجويد مِنْ أَشْرَفِ العُلُوْمِ وأَعْلَاهَا منزلةً على الإطلاق، وذلك من جهةِ تعلُّقه بكتاب الله.

Ilmu tajwid dianggap salah satu ilmu yang mulia dan mempunyai kedudukan yang paling tinggi secara mutlak. Itu karena keterkaitan ilmu tajwid dengan kitab suci yang paling mulia.

      Keterkaitan/Perbandingan
نسبتُه: علمُ التَّجويد أحدُ العلوم الشرعيَّة المتعلقة بالقرآنِ الكريم؛

Ilmu tajwid merupakan salah satu ilmu syariah Islam yang berhubungan dengan Al-Qur’an

       Peletak

واضعُه:
إن الذي وضَع هذا العلم - مِن الناحية العملية - هو سيدنا رسولُ الله -صلى الله عليه وسلم- عن طريق تلقِّيه عن جبريلَ - عليه السلام -، عن رب العزة - عزَّ وجلَّ - ثم أخذه الصحابةُ عن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- وتلقاه التابعون عن الصحابة، وهكذا إلى أن وصَل إلينا مجوَّدًا متواترًا في كل فترة نُقل فيها.

Dari segi praktik, perintis ilmu ini adalah Rasulullah saw dengan cara talaqqi dari Jibril as dari Alah swt. Para sahabat mengajarkan para tabi’in, para tabi’in mengajarkan kepada para tabi’i tabi’in dan seterusnya sampai ke zaman kita sekarang.

Namun secara teori yakni orang pertama meletakkan dasar-dasar kaidah tajwid terdapat perbedaan, diantaranya:

Ada khilaf pendapat, ada yang menyebutkan Al Khalil ibnu Ahmad Al Faraahidi (w. 173 H). Ada yang menyebutkan Abu Ubaid Al Qasim ibnu Salam (w. 224 H). Ada yang mengatakan Abul Aswad Ad Duwali. Ada juga yang mengatakan peletak dasar Ilmu Tajwid adalah Abu Muzahim Musa bin Ubaidilah al Khaqani (w. 325 H)


      Penamaan
اِسْمُهُ: عِلْمُ التَّجْوِيْدِ.

Ilmu ini disebut sebagai “Ilmu Tajwīd”.

      Sumber Pengambilan

استمداده: استمدَّ أهل الأداء وعلماءُ القراءة هذا العلم من الكيفية التي أقرأ بها جبريلُ رسولَ الله -صلى الله عليه وسلم- وقرأ بها النبيُّ، وهذه الكيفية وصَلت إلينا عن طريقِ الصحابة - رضوان الله عليهم أجمعين - ثم التابعين، ثم أهل التلاوة والأداء المتصلِ سندُهم بسيدنا رسولِ الله - صلى الله عليه وسلم.

Para ulama menyandarkan ilmu tajwid dari praktik bacaan Jibril kepada Rasulullah saw hingga sampai kepada kita melalui para sahabat, para tabiin, kemudian ahli tilawah.

       Hukum mempelajarinya

حكمُ الشرعِ فيه: التجويد العملي: هو فرض عين على كل مسلم ومسلمة والتجويد العلمي (النظري): هو فرض كفاية.

Hukum mempelajari ilmu tajwid  diperinci menjadi dua:
-       Ilmu tajwid amali yaitu mengamalkan/mempraktikkannya adalah fardhu ain bagi semua muslim laki-laki dan wanita.
-       Mengetahui teori tajwid secara mendalam adalah fardhu kifayah atas seluruh umat.

      Dalil Al Quran
وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلًا

“Dan bacalah Al Quran itu dengan tartil/perlahan-lahan.” (Al-Muzammil:4)
       Dalil Sunnah
إ ِقْرَؤُوْا الْقُرْآَنَ بِلُحُوْنِ الْعَرَبِ وَ أَصْوَاتِهَا (رواه الطبران)

“Bacalah AlQuran dengan cara dan suara orang Arab yang fasih”. (HR. Thabrani)

نَعَتَتْ قِرَاءَةَ الرَّسُولِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَإِذَا هِيَ تَنْعَتُ قِرَاءَةً مُفَسَّرَةً حَرْفًا حَرْفًا

Kemudian dia (Ummu Salamah) mencontohkan cara bacaan Rasulullah Shallallaahu’alaihi wasallam dengan menunjukkan
(satu) bacaan yang menjelaskan (ucapan) huruf-hurufnya satu persatu.

        Dalil Ijma’

فقد انعقد إجماع الأمة من عهد رسول الله –صلى الله عليه وسلم– إلى يومنا هذا على: وجوبِ قراءة القرآن وتلاوته بالكيفية التي قرأ بها النبيُّ –صلى الله عليه وسلم– وأقرأ بها الصحابة، وتلقَّاها عنهم التابعون، وأئمة القراءة، وأهل الأداء، إلى يومنا هذا، ولم يشذَّ عن هذا الإجماع أحدٌ؛ ولذلك لا يجوز لأي قارئ أن يتلوَ القرآن بغير تجويد؛ حتى لا يشمله الوعيد الشديدُ لِمَن يخالف هديَ النبي –صلى الله عليه وسلم– كما قال الله تعالى: ﴿ وَمَنْ يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَى وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّى وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ وَسَاءَتْ مَصِيرًا ﴾ [النساء: 115].

Telah terlahir ijma’ umat dari masa Rasulullah shalallahu alaihi wa salam hingga zaman kita kini tentang : Kewajiban membaca Al Quran dan Tilawahnya dengan cara yang dicontohkan oleh Nabi – shalallahu alaihi wa salam – yang dengannya pula para shahabat membaca Al Quran, demikian pula bertalaqi para Tabi’in, para imam Qura dan para ahlul Adaa, hingga masa kita saat ini, tanpa keraguan tentang ijma’ ini. Karenanya tidak boleh membaca Al Quran dengan tanpa Tajwid, hingga tidak tergolong kedalam orang yang mendapat ancaman yang keras karena menyelisihi Nabi shalallahu alaihi wa salam, sebagaimana firman Allah Ta’ala :
“Dan barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali.” (Al- Nisa: 115)


        Pembahasan/materi yang dibahas.

مسائلُه: يَبْحَث علم التَّجويد في مجموعةٍ من القضايا والقواعدَ الكُلَيَّةِ، التي يتعرَّف بِهَا على جُزْئِيَاتِ هذا العلم، التي وضعَها أهلُ الأدَاءِ وعلماءُ القراءة، نحوُ أحكامُ المدِّ والقصر، والنون الساكنة، والتَّنوين.

Ilmu tajwid membahas peraturan dan kaidah-kaidah umum (yang berkaitan dengan cara membaca al-Quran), yang dimana dengan kaidah-kaidah tersebut seseorang mengetahui hukum-hukum yang terperinci yang telah ditetapkan oleh para ulama seperti hukum mad dan qoshr, dan hukum nun mati dan tanwin.





2 Comments

  1. Bingung mau ngapain? mendingan main games online bareng aku?
    cuman DP 20rbu aja kamu bisa dapatkan puluhan juta rupiah lohh?
    kamu bisa dapatkan promo promo yang lagi Hitzz
    yuu buruan segera daftarkan diri kamu
    Hanya di dewalotto
    Link alternatif :
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    ReplyDelete
  2. Bingung mau ngapain? mendingan main games online bareng aku?
    cuman DP 20rbu aja kamu bisa dapatkan puluhan juta rupiah lohh?
    kamu bisa dapatkan promo promo yang lagi Hitzz
    yuu buruan segera daftarkan diri kamu
    Hanya di dewalotto
    Link alternatif :
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    ReplyDelete