Mukaddimah Sidang Umum II (LPJ Presiden dan Wakil Presiden PPMI Mesir 206-2017)

Proposal Permohonan Dana Sidang Umum MPA PPMI Mesir 2017 dengan tema "Sidang Umum MPA PPMI Sebagai Wujud Mekanisme Musyawarah Kinerja Kelembagaan PPMI, Yang Bertanggung Jawab, Transparan dan Akuntabel". 


Mukaddimah Sidang Umum II (LPJ Presiden dan Wakil Presiden PPMI Mesir 206-2017)

Telah menjadi konsensus bersama demi kepentingan bangsa, bahwa sistem pendidikan nasional secara umum dan kehidupan mahasiswa secara khusus baik di dalam maupun di luar kampus, merupakan hal yang tak dapat dipisahkan. Artinya kehidupan mahasiswa berimplikasi tinggi terhadap perkembangan dan kondisi pendidikan nasional. 

Kehidupan mahasiswa pada umumnya tidak bisa terpisahkan dari berbagai jenis kegiatan yang menjadi sarana, wahana dan tempat pengembangan diri mahasiwa ke arah perluasan wawasan, kepribadian, pengalaman, sikap ilmiah, sosial dan rasa persatuan dan kesatuan sebagai generasi muda Indonesia.

Ada sebuah ungkapan dalam bahasa arab berbunyi syubbaanul yaum rijaarul ghad, yang dalam bahasa inggrisnya the youths of today is the leaders of tomorrow. Yang bermakna generasi muda sekarang adalah pemimpin di masa depan. Artinya masa depan bangsa Indonesia ada pada bagaimana generasi mudanya sekarang ini.

Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia Mesir (PPMI Mesir) merupakan sayap kecil dari generasi muda bangsa yang sedang menimba ilmu di bumi kinanah Mesir, generasi bangsa yang akan menjadi pemimpin di masa depan. Sebagai generasi muda bangsa Indonesia, Mahasiswa Indonesia melalui PPMI Mesir membangun mental kepemimpinan berorganisasi yang bercorak Student Government System (SGS).

Dalam praktik manajemennya, PPMI Mesir bermanhajkan Student Government System (SGS). Dimana dalam tubuh PPMI Mesir ada pembagian tugas, wewenang dan tanggung jawab yang di bagi dalam tiga kelembagaan. Majelis Permusyawaratan Anggota (MPA) PPMI sebagai lembaga legislatif, Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPMI sebagai lembaga eksekutif dan Badan Perwakilan Anggota (BPA) PPMI sebagai lembaga legislatif dan yudikatif.

Ini adalah model pembelajaran dan pengamalan nilai-nilai demokrasi dimana tugas, wewenang dan taggungjawab masing-masing lembaga saling bersinergi sesuai porsinya masing-masing. Teori demokrasi check and balances pun teraplikasikan dengan rapi sebagai satu nilai demokrasi yang adi luhung. DPP PPMI sewaktu-waktu bisa diawasasi, dikontrol, dipanggil dan diperiksa oleh lembaga MPA maupun BPA PPMI.

Oleh sebab itu MPA PPMI bakal mengadakan Sidang Umum II 2017 dengan agenda tunggal Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) DPP PPMI 2016-2017 yang akan disampaikan langsung oleh Presiden PPMI Mesir Ahmad Baihaqi Maskum dihadapan seluruh Anggota MPA PPMI Mesir yang terdiri dari utusan-utusan Lembaga Otonom (Kekeluargaan Nusantara, Senat-Senat Mahasiswa dan Wihdah) serta Organisasi Khusus (Afiliatif, Almamater dan LSM), beserta pemilihan anggota dan pimpinan MPA-BPA PPMI Mesir 2017-2018

MPA PPMI Mesir adalah lembaga legislative yang mana di dalamnya ada BPA PPMI. Maka, MPA dan BPA PPMI akan menggelar Sidang Umum dengan agenda Laporan Pertanggungjawaban DPP PPMI Mesir 2016-2017, beserta  pemilihan anggota dan pimpinan MPA-BPA PPMI Mesir 2017-2018. 




0 Comments