Umat Islam Indonesia Sebatas Memiliki Kebesaran Kuantitatif


Sekelumit kutipan yang sangat menohok dari sosiolog Belanda WF Wertheim, yang menyebut umat Islam Indonesia sebagai a majority with minority mentality, sebuah kelompok mayoritas dengan mentalitas minoritas.

Buat kita kutipan tajam dari WF Wertheim tersebut, adalah sebuah argumentasi sosiologis yang menunjukkan bahwa umat Islam Indonesia belum cukup memiliki instrumen kemenangan dan kemajuan. Bahwa umat Islam Indonesia sebatas memiliki kebesaran kuantitatif, namun tidak memiliki kebesaran kualitatif.

Hal itu mengingatkan kita pada sebuah hadist riwayat Abu Daud, yang isinya ; “Akan datang suatu masa umat lain akan memperebutkan kamu ibarat orang-orang lapar memperebutkan makanan dalam hidangan.” Sahabat bertanya, “Apakah lantaran pada waktu itu jumlah kami hanya sedikit Ya Rasulullah?”. Dijawab oleh beliau, “Bukan, bahkan sesungguhnya jumlah kamu pada waktu itu banyak, tetapi kualitas kamu ibarat buih yang terapung-apung di atas laut, dan dalam jiwamu tertanam kelemahan jiwa.” Sahabat bertanya, “Apa yang dimaksud kelemahan jiwa, Ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Cinta dunia dan takut mati!”.

0 Comments