Yusuf Qardhawy, Sang Pemimpin dan Pelopor Paham Moderat di Era Moderen Ini

Sang Pemimpin dan Pelopor Paham Moderatisme dan Reaktualisasi, Intelektual Agung dan Terkemuka, Asy-Syeikh Al-Imam Yusuf Al-Qardhawi, Presiden Persatuan Internasional Ulama Muslim.


Meskipun jauh di mata, tapi engkau dekat di hati. Engkaulah yang mengkampanyekan bendera wasathiyyah dengan tutur dan sepak terjangmu. Engkau berdiri kokoh menentang penguasa yang sewenang-wenang, engkau katakan tidak untuk sesuatu yang bathil dan engkau katakan iya untuk sesuatu yang haq.

Engkau dijuluki faqiihu asth-sthaurah, motor penggerak musim semi, intelektual ulung yang menyerukan perubahan dari negara yang penuh dengan kungkungan penguasa zalim dan otoriter, kepada negara yang bebas dan demokratis.

Tapi musim semi yang didamba-dambakan itu kini berubah menjadi musim dingin yang sarat dengan sikap semena-mena dan otoriter. Siapa yang kontra dianggap melawan negara dan dijuluki teroris.

Engkau besar bukan karena jabatan dan kedudukan duniawi (posisi tertentu di sebuah instansi kepemerintahan). Engkau besar karena ketajaman, kecerdasan dan keterampilan intelektualitasmu dalam merespon fenomena-fenomena yang terjadi di tubuh umat.

Setelah membaca buku-buku beliau, terlihat dengan sangat jelas bahwa pemikiran-pemikiran beliau kaya akan sikap moderat, kaya akan dakwah yang bercorak mempermudah bukan mempersulit, meringankan bukan memberatkan.

Pemikirannya berfokus pada pengontrolan hal-hal yang prioritas, pemikirannya kaya akan pemahaman yang komprehensif terhadap turast islam, pemikirannya mengandung penjagaan terhadap prinsip-prinsip syariat. Pemikirannya senantiasa menitikberatkan pada pemahaman dan kesaksian terhadap realitas umat di era modern ini.

Sehingga ketika beliau mulai berpikir, bertutur, menulis dan berkreasi, maka akan melahirkan produk fiqh islam yang utuh dan bermutu tinggi.

# Di sini aku hanya ingin menggarisbawahi kebenaran intelektual bahwa engkaulah Imam Al-Wasathiyyah di abad ini. I love you ... 

0 Comments