Ketokohan Syeikh Hasan Asy-Syafii

Syeikh Hasan Asy-Syafii, Penasehat Imam Besar Al-Azhar, Anggota Majelis Ulama Senior Al-Azhar, Anggota Dewan Sesepuh Muslim, Ketua Akademisi Bahasa Kairo, Ketua Persatuan Internasional Ulama Sufii dan beliau juga pernah menjadi Anggota Persatuan Internasional Ulama Muslim.

Di usianya yang sudah mencapai 87 tahun beliau masih cukup berenergi mengisi pengajian-pengajian di berbagai tempat. Meskipun saya melihat beliau dalam memegang buku waktu mengisi pengajian itu, tangannya bergemetar lemah karena usianya yang sudah amat sepuh.

Saya mengikuti ketokohan beliau semenjak angin musim semi arab melanda bangsa-bangsa muslim di timur tengah. Saya appreciated dengan beliau, satu-satunya Azhari yang pertama kali menduduki Ketua Akademisi Bahasa Arab di Kairo.

Saya yakin beliau ulama yang berani mengatakan tidak kepada sesuatu yang bathil. Hal itu terbukti, beliau pernah masuk keluar penjara karena kevokalan dan keaktifannya dalam menolak segala macam bentuk ketidakadilan, kezaliman dan kesewenang-wenangan dari kepemimpinan yang otoriter. Waktu tragedi Rabi'ah itu beliau juga satu dari sedikit yang berani berkomentar dan memberi kritik keagamaan mengenai pelanggaran terhadap prinsip-prinsip syariat. Saya masih ingat waktu itu posisi beliau sangat beda diameteral dengan institusi Al-Azhar dibawah kepemimpinan Imam Besar Ahmad At-Thayyib. Beliau mengutuk keras peristiwa 2013 silam, dan berkata :"Ya Allah, aku lepas dari peristiwa yang terjadi dan hatiku tidak rela hal itu terjadi. Aku memohon kepada Allah karunia berupa pikiran yang sehat dan hikmah untuk generasi bangsaku. Aku menyeru kepada mereka untuk bertaubat, dan setiap sikap keutamaan, kebaikan dan kekuatan semua dalam genggaman kuasa Allah Rabbul'aalamiin." 

Beliau sekarang adalah Penasehat Imam Besar Al-Azhar, Anggota Majelis Ulama Senior Al-Azhar, Anggota Dewan Sesepuh Muslim, Ketua Akademisi Bahasa Kairo, Ketua Persatuan Internasional Ulama Sufii dan beliau juga pernah menjadi Anggota Persatuan Internasional Ulama Muslim (sekarang saya tidak tahu). Selain itu di masa mudanya, beliau dikenal sering menghadiri pengajian Asy-Syahiid Imam Hasan Al-Banna.

Anaa uhibbuka fillah yaa Syeikh Hasan Asy-Syafii ... 😘😘😘

0 Comments