Tauhid Sebagai Esensi Ajaran Islam

Google pic.


Tauhid Sebagai Esensi Ajaran Islam[1] 

Kehidupan spiritual atau spiritual dalam Islam memiliki karakteristik yang membedakannya dari agama lain. Ajaran tauhid adalah karakteristik pertama dari kehidupan spiritual dalam Islam, dan juga komponen pertama. Tidak ada wujud dari kehidupan ini tanpa tauhid.

Tauhid atau mengesakan Allah, Swt., adalah ajaran yang turun-temurun dari para Nabi. Tauhid memiliki makna menjadikan Allah sesembahan satu-satunya dalam beribadah, serta tidak meminta perolongan melainkan hanya kepada Allah, Swt. Hal inilah yang menjadi maksud dari ayat ke-7 Q.S. Al-Fātihah, yang berbunyi,

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

“Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.”

            Islam datang untuk membebaskan umat manusia dari penghambaan kepada selain Allah, Swt. Penghambaan kepada manusia, benda dan hawa nafsu adalah obyek pembebasan Islam. Tauhid adalah esensi dari ajaran Islam. Dan tauhid Islam tak sebatas perkataan yang terucap, atau kalimat yang terlisankan, atau syahadat yang dipublikasikan, namun tauhid adalah arah pikiran, intelektual, psikologis, moral, dan praktis, yang dibebankan atas seorang Muslim untuk tidak menjadikan selain Allah sebagai Tuhan atau sesembahan. Meniadakan otoritas sesembahan kecuali hanya kepada Allah, Swt.

Ajaran tauhid mempertautkan seorang muslim dengan Allah, Swt., dan sifat-sifatNya, dengan beragam perintah dan laranganNya, dengan perbuatan dan takdirNya, demikian pula  menerangkan apa yang Allah, Swt., cintai dari hamba-hambaNya dan yang tidak.

Selain itu tauhid juga mengharuskan bagi seorang muslim agar menjadikan nama Allah sebagai inti kehidupannya, sebagai yang menemaninya dalam setiap urusannya. Bahwa nama Allah, adalah sumber setiap keberkahan, dan sebab setiap nikmat. Firman Allah, Swt.,

تَبٰـرَكَ اسْمُ رَبِّكَ ذِى الْجَـلٰلِ وَالْاِكْرَامِ

"Maha Agung, nama Tuhanmu Pemilik Keagungan dan Kemuliaan." (QS. Al-Rahman 55: Ayat 78).

            Imām ‘Ali Ibn Musā Al-Ridā berkata, bahwa awal ibadah kepada Allah, Swt adalah mengenalnya, dan asal mengenalNya ialah bertauhid kepadaNya.

            Jika kita sebagai Muslim jeli dalam berpikir, maka tabiat risalah-risalah kenabian dalam sejarah punggung bumi ini adalah untuk menegakkan tauhid. Agar manusia terbebas dari belenggu penghambaan dari selain Allah, Swt.

Menurut Imām Al-Qarādawī, sesungguhnya ajaran tauhid adalah sebuah revolusi total untuk manusia agar terwujudnya prinsip kebebasan, persamaan dan persaudaraan antar manusia, sehingga di antara manusia tidak ada yang menjadikan manusia lain sebagai Tuhan atau sesembahan, serta membebaskan manusia dari penghambaan kepada manusia menuju penghambaan kepada Allah semata.

            Sedangkan perbuatan syirik atau mensekutukan Dia dengan yang lain adalah perbuatan yang menafikan ajaran tauhid. Syirik dalam Islam dinyatakan sebagai dosa terbesar dan maksiat paling besar. Syirik juga disebebut sebagai sebuah kezaliman yang terbesar.

 إنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَٰلِكَ لِمَن يَشَاءُ ۚ وَمَن يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَىٰ إِثْمًا عَظِيمًا

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar." (Q.S. Al-Nisa Ayat 48)

Islam adalah akidah yang esensinya adalah tauhid, Islam adalah ibadah yang esensinya adalah keikhlasan, Islam adalah muamalah (berinteraksi dengan manusia) yang esensinya adalah kejujuran, Islam adalah budi pekerti yang esensinya adalah pembawa rahmat, Islam adalah tasyrī’ (perundang-undangan) yang esensinya adalah keadilan, dan Islam adalah agama yang menyeru untuk bekerja yang esensinya adalah profesionalisme.









[1] Ditulis oleh Muh. Thoriq Aziz Kusuma

1 Comments

  1. Bingung mau ngapain? mendingan main games online bareng aku?
    cuman DP 20rbu aja kamu bisa dapatkan puluhan juta rupiah lohh?
    kamu bisa dapatkan promo promo yang lagi Hitzz
    yuu buruan segera daftarkan diri kamu
    Hanya di dewalotto
    Link alternatif :
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    ReplyDelete