Subuh Berkah dan Kajian Islam di Masjid Al-Huda Kerten

Ahad, 10 November 2019 | 04:00
 Suasana subuh berkah dan kajian Islam di Masjid Al-Huda Kerten, Kota Surakarta, Ahad (10/11/2019) pagi.

Jatijuruwarta, KOTA SURAKARTA — Salat merupakan salah satu kewajiban dari kewajiban-kewajiban yang telah ditetapkan oleh Allah, Swt., kepada hamba-hambaNya. Salat juga disebut sebagai pembeda antara seorang Muslim dengan yang lainnya. Salat merupakan hal pertama yang akan dihitung di hari kiamat, jika benar salatnya seorang hamba, maka akan benar seluruh amalnya.

Puluhan jamaah menghadiri salat subuh berjamaah dan kajian Islam di Masjid Al-Huda Kerten, Kota Surakarta, Ahad (10/11/2019) pagi.

Kegiatan kajian Islam ini diselenggarakan rutin tiap Ahad pagi oleh Takmir Masjid Al-Huda Kerten.

Salat Subuh dan kajian kali ini menghadirkan Thoriq Aziz sebagai Imam sekaligus pemateri. Ia menyampaikan Surat Al-Mujadilah Ayat 11 yang disorot dari keterkaitannya dengan kondisi umat terkini.

Thoriq mengutip Tafsir Al-Thabarī yang menyatakan bahwa fī Al-Majālis itu adalah jamī’ al-majlis. Yakni, perintah berlapang-lapang dalam majelis mengandung maksud semua majelis, berbagai forum majelis. Termasuk dalam arti berbagai forum majelis, kutip Thoriq, adalah forum majelis ekonomi, politik, pendidikan, sosial dan lain-lain.

“Dalam Tafsir Al-Thabarī, bahwa fī Al-Majālis itu adalah jamī’ al-majlis. Maksudnya adalah semua majelis, berbagai forum majelis. Ya forum majelis ekonomi, politik, pendidikan, sosial dan lain-lain, umat beriman diperintah untuk berlapang-lapang,” katanya.

Menurut Thoriq, umat beriman sudah semestinya memberi kelapangan kepada saudaranya di berbagai forum majelis. Karena dengan begitu Allah, Swt., akan memberi kelapangan kepada mereka yang melapangkan saudaranya.

Keberagaman yang ada dalam tubuh umat, lanjutnya, merupakan tempat dan kesempatan untuk berlapang-lapang. Bagaimana yang kaya menolong yang miskin, yang kuat melindungi yang lemat, dan lain sebagainya.

“Keberagaman yang ada dalam tubuh umat, merupakan tempat dan kesempatan untuk berlapang-lapang,” tandasnya.

Selain menghadirkan kajian Islam, kegiatan subuh berkah ini juga menyediakan sarapan bagi para jamaah dan peserta kajian. Sarapan pagi ini menunjukkan bahwa masjid tak sekedar menjadi tempat peribadatan, peraduan dan menimba ilmu, namun juga sebagai tempat untuk berbagi dan menjalin tali hati kepada sesama.

0 Comments