Pidato Ketua MPA PPMI Thoriq Aziz Dalam Pembukaan Sidang Umum II MPA PPMI Mesir 2017

Selasa, 1 Agustus 2017  | 02:37 CLT


Ketua MPA PPMI Mesir Periode 2016-2017 Thoriq Aziz saat memimpin Sidang Umum II MPA PPMI Mesir 2017 di Pasangrahan KPMJB Mesir, Nasr City, Kairo.
Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Selamat siang
Salam persatuan, sejahtera untuk kita semua,
Yang kami hormati,

- Presiden PPMI Saudara Ahmad Baihaqi Maskum ;
- Wakil Presiden PPMI  Saudara Ikhwan Hakim Rangkuti ;
- Penasehat Prediden dan Tamu kehormatan,
-Ketua BPA PPMI Saudara Farizal Anwar ;
-Ketua Wihdah PPMI Saudari Nuansa Ghirani ;
-Para Ketua-Ketua Lembaga Otonom PPMI beserta para utusan  (yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu-persatu) ;
-Para Ketua-Ketua Organisasi Khusus PPMI beserta para utusan (yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu-persatu) ;
-Para insan pers media cetak dan elektronik baik di lingkungan maupun di wilayah PPMI ;
-Para tamu undangan, seluruh hadirin dan segenap warga Masisir yang berbahagia.

Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Sidang Umum II MPA PPMI Mesir Tahun 2017 dengan agenda tunggal Laporan Pertanggungjawaban DPP PPMI  2016-2017, kami buka dan dinyatakan terbuka untuk umum.

Sidang Majelis dan tamu undangan yang kami muliakan, sebagai makhluk Tuhan yang beriman, marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu Waa ta‘ala, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita semua diberikan kekuatan dan kesehatan jasmani dan rahani untuk menjalankan tugas kemahasiswaan dan organisasi serta dinamika positif dalam pergerakan dan amal sholeh kita yang berkemajuan.

Atas nama seluruh Anggota MPA, kami menyampaikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada Presiden PPMI  atas perhatian dan kehadirannya dalam penyelenggaraan Sidang Umum II MPA. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada seluruh Pimpinan Lembaga&Organisasi PPMI atas dukungannya, baik lembaga otonom PPMI maupun organisasi khusus PPMI. Mari  bersama MPA, melalui Sidang Umum II Tahun 2017 ini sebagai pelaksanaan asas kedaulatan anggota PPMI, kita mewujudkan kepengurusan dan manajemen  yang lebih terbuka dan akuntabel, lebih demokratis dengan penerapan praktik teori check and balances serta sejalan dengan AD-ART PPMI kita.

Berdasarkan mandat dan perintah AD-ART PPMI Mesir, Majelis Permusyawaratan Anggota PPMI sebagai lembaga kedaulatan tertinggi di dalam susunan organisasi PPMI Mesir, lembaga perwakilan, lembaga musyawarah, lembaga legislatif dan lembaga demokrasi yang memiliki kedudukan strategis dalam sistem organisasi PPMI. Kewenangan yang diamanatkan oleh AD-ART sungguh luhur dan agung, yakni memperbaiki dan menetapkan AD-ART PPMI, sebagai pijakan sentral, norma hukum tertinggi yang mengatur seluruh sendi kehidupan berorganisasi dan berdinamika di lingkungan dan wilayah PPMI Mesir

Refleksi dari posisi strategis MPA dalam Anggaran Dasar PPMI Bab III tentang susunan organisasi Pasal 12 disebutkan bahwa MPA adalah lembaga kedaulatan tertinggi dalam susunan organisasi PPMI. Serta sebagaimana termakub dalam anggaran rumah tangga PPMI  Bab II tentang MPA pasal 12 bahwa Sidang Umum tahap kedua dilaksanakan di akhir kepengurusan MPA dengan wewenang meminta laporan pertanggungjawaban DPP PPMI Mesir dan penyampaian laporan pelaksaaan kegiatan MPA. Sebab itu MPA merasa berkewajiban menggelar Sidang Umum II MPA dengan agenda Laporan Pertanggungjawaban  DPP PPMI Mesir 2016-2017 dan penyampaian Progress Report MPA-BPA 2016-2017 sebagai pengejawentaran pasal-pasal tadi.

MPA melihat dengan Sidang Umum II ini membuktikan adanya praktik pengawasan dan kontrol terhadap DPP sebagai lembaga eksekutif demi pengamalan SGS PPMI, serta menjadi sebuah etape pembelajaran dan pengamalan teori dan nilai-nilai positif demokrasi dalam kepengurusan PPMI.

Sidang Majelis dan hadirin yang kami muliakan,

Ada jajak pendapat yang bernada pesimistif terhadap dinamika pergerakan kita, yang menyoroti pada munculnya fenomena rendahnya kepedulian terhadap PPMI yang semakin meningkat.

Ini membuktikan adanya problem yang serius pada sistem kaderisasi dan pembentukan spirit perjuangan, pengabdian dan kepedulian terhadap PPMI kita.

Namun syukur A-Hamdulillah, ada gejala konkrit positif yang  menjawab jajak pendapat tersebut. Lumayan tingginya angka partisipasi, keikutsertaan dan keterlipatan Anggota PPMI atau Masisir dalam Pemilu Raya PPMI 2017, serta calon Presiden dan Wakil Presiden PPMI yang tidak tunggal lagi. Semoga ini indikasi yang baik bagi kemajuan PPMI Mesir, amiin Allahumma amiin.

Sidang Majelis dan hadirin yang kami muliakan,

Perlu kami sampaikan bahwa MPA PPMI dalam penyelenggaraan Sidang Umum ini, MPA berwenang menerima atau menolak Laporan Pertanggungjawaban DPP PPMI Mesir berdasarkan pada proses evalusasi dan penilaian MPA yang terbuka, jujur, adil, independen, proporsional dan bertanggungjawab.


Pada akhirnya, agama islam telah mengingatkan bahwa manusia tak bakal bisa menjadi manusia yang berketuhanan secara benar dan paripurna, tanpa menjadi manusia yang berkemanusiaan. Demikian juga manusia tak bakal bisa menjadi manusia yang berkemanusiaan secara benar dan paripurna, tanpa menjadi manusia yang berketuhanan.

Maka manusia secara fitrahnya selain menjadi manusia yang berketuhanan, ia juga harus menjadi manusia yang  berkemanusiaan. Artinya ia harus hidup seperti layaknya manusia yang paripurna, selain harus berketuhanan, ia juga harus berkomunikasi, berorganisasi dan saling tolong-menolong dalam arus kebersamaan.

Senin, 17 Juli 2017, MPA PPMI Mesir menggelar Sidang Umum II MPA PPMI dengan agenda Laporan Pertanggungjawaban  DPP PPMI Mesir 2016-2017 dan penyampaian Progress Report MPA-BPA 2016-2017, dengan tema “Sidang Umum MPA PPMI sebagai wujud mekanisme musyawarah kinerja kelembagaan PPMI yang bertanggungjawab, transparan dan akuntabel".

Mari majukan Masisir kita tercinta dengan bekerja bersama-sama, kerja cerdas dan kolektif. Karena dengan semangat kerja kolektif maka sinergisme kelembagaan akan berjalan dengan baik. Dengan segala kerendahan hati, kami mengajak mari kita duduk bersama dengan on the same travel dan standtall untuk merumuskan langkah-langkah kongkrit untuk memperbaiki sistem, praktik dan kelengkapan SGS kita.

Sidang Majelis dan hadirin yang kami muliakan,


Marilah kita bersama-sama menyimak dan mendengarkan  Pidato Presiden PPMI Pada Sidang Umum II  MPA PPMI 2017, kepada Presiden PPMI Saudara Ahmad Baihaqi Maskum, waktu dan tempat kami persilahkan.

(http://www.sgsppmimesir.com/2017/07/pidato-ketua-mpa-ppmi-thoriq-aziz-dalam.html)

0 Comments