Kegiatan Subuh Berkah, Masjid Al-Huda Kerten Angkat Tema “Indahnya Berbagi dalam Kebersamaan”


Ahad, 15 Desember 2019 | 04:00

Gambar 1. Takmir Masjid Al-Huda Kerten, Kota Surakarta, menggelar kegiatan subuh berkah, Ahad (15/12/2019) pagi.

Jatijuruwarta.com, KOTA SURAKARTA — Salat merupakan rukun Islam yang paling agung. Selain itu salat adalah amalan pertama yang akan pertanyakan kelak di hari kiamat.

Ahad (15/12/2019) pagi, Takmir Masjid Al-Huda Kerten, Kota Surakarta, menggelar kegiatan subuh berkah. Kegiatan ini rutin diadakan tiap akhir pekan.

Adapun kegiatan subuh berkah ini terdiri dari salat subuh berjamaah, kajian Islam dan sarapan pagi.

Dalam kajian Islam subuh berkah ini, Thoriq Aziz selaku pembicara menyinggung tentang hikmah dibalik keberagaman status ekonomi yang terjadi di lapangan. Ia mengutip Al-Quran Surat Al-Zuhruf Ayat 32. Bahwa Allah, Swt., meninggikan sebagian di antara manusia agar sebagian dapat memanfaatkan sebagian yang lain.

Dalam hidup, eksistensi kaya-miskin sudah menjadi ketentuanNya. Kelompok kaya diwajibkan untuk berbagi kepada orang-orang miskin.

Islam memandang kemiskinan sebagai suatu hal yang harus disembuhkan.  Di sini peran orang-orang kaya ditunggu. Mereka harus hadir dalam arus kebersamaan untuk membantu orang-orang miskin dan lemah.

Diketahui, kegiatan subuh berkah di Masjid Al-Huda Kerten ini sudah berjalan selama hampir dua tahun lamanya.

Menurut Biro Sarana dan Prasarana (Sarpras) Masjid Al-Huda Kerten, Muhamad Su’ud Purnawan, kegiatan subuh berkah ini bertujuan untuk mempererat al-ukhuwwah al-Islāmiyyah antar jemaah, tanpa memandang strata, status atau pangkat. Selain itu , tambah Su’ud, kegiatan subuh berkah juga bermaksud menarik para jamaah yang belum ke masjid serta menumbuhkan perasaan aman, nyaman dan betah berada di lingkungan Masjid.

“Tujuan utama al-ukhuwwah al-Islāmiyyah, mempererat para jemaah Al-Huda tanpa pandang strata dan status. Menarik para umat Islam yang belum ke Masjid Al-Huda, supaya punya perasaan sama aman, nyaman dan betah di Masjid Al-Huda,” kata Su’ud kepada jatijuruwarta.com.

Lebih lanjut, Su’ud berharap keistikamahan jemaah dalam mengikuti kegiatan subuh berkah ini, serta menambahnya jumlah donatur dan sponsor terhadap kegiatan-kegiatan dakwah dan kajian Islam di Masjid Al-Huda.

“Harapannya bisa istikamah, banyak donatur baru yang tergerak,” tandasnya.



Gambar 2. 

0 Comments